Obesitas Anak

Obesitas Anak dan Masalah Berat Badan

Kesehatan

Sebagai orang tua, beberapa hal lebih manis daripada bayi Anda yang memiliki pipi penuh atau lutut gemuk anak Anda. Namun, bagi beberapa anak, lemak bayi yang menggemaskan bisa menjadi masalah kesehatan. Jika Anda memperhatikan anak Anda berjuang melawan berat badannya, Anda mungkin merasa sendirian atau tidak berdaya; pada kenyataannya, kamu juga tidak. Obesitas pada masa kanak-kanak memengaruhi banyak keluarga di seluruh dunia, tetapi sebagian besar dari kasus ini dapat dicegah — dan masih dapat dibalik. Dengan dukungan, dorongan, dan pemodelan peran positif, Anda dapat membantu anak Anda mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Obesitas Anak : Memahami Masalahnya

Saat ini, hampir 1 dari 4 anak dan remaja di negara maju kelebihan berat badan atau obesitas. Pound ekstra itu membuat anak-anak berisiko terkena masalah kesehatan serius, termasuk diabetes, penyakit jantung, dan asma. Obesitas pada masa kanak-kanak juga mengambil korban emosional. Anak-anak yang kelebihan berat badan sering mengalami kesulitan mengimbangi anak-anak lain dan bergabung dalam olahraga dan kegiatan. Anak-anak lain mungkin menggoda dan mengecualikan mereka, yang menyebabkan harga diri rendah, citra tubuh negatif, dan bahkan depresi.

Tetapi ada banyak yang dapat Anda lakukan untuk membantu anak-anak Anda. Mendiagnosis masalah berat badan dan obesitas pada anak-anak sedini mungkin dapat mengurangi risiko mengembangkan kondisi medis yang serius ketika mereka semakin tua. Dan dengan melibatkan seluruh keluarga, Anda dapat memutus siklus masalah berat badan dan obesitas, meningkatkan kesehatan fisik dan mental anak-anak Anda, dan membantu mereka membangun hubungan yang sehat dengan makanan yang akan bertahan seumur hidup. Berapa pun berat badan anak-anak Anda, beri tahu mereka bahwa Anda mencintai mereka dan yang ingin Anda lakukan hanyalah membantu mereka menjadi sehat dan bahagia.

Apakah anak Anda kelebihan berat badan?

Anak-anak tumbuh pada tingkat yang berbeda pada waktu yang berbeda, sehingga tidak selalu mudah untuk mengetahui apakah seorang anak kelebihan berat badan. Indeks massa tubuh (BMI) menggunakan pengukuran tinggi dan berat badan untuk memperkirakan berapa banyak lemak tubuh yang dimiliki anak. Namun, sementara BMI biasanya merupakan indikator yang baik, itu BUKAN ukuran yang sempurna dari lemak tubuh dan bahkan dapat menyesatkan pada saat anak-anak mengalami periode pertumbuhan yang cepat.

Jika anak Anda mendaftarkan pengukuran IMT tinggi untuk usia, penyedia layanan kesehatan Anda mungkin perlu melakukan penilaian dan skrining lebih lanjut untuk menentukan apakah kelebihan lemak merupakan masalah.

Penyebab masalah berat badan dan obesitas pada anak

Memahami bagaimana anak-anak menjadi kelebihan berat badan di tempat pertama adalah langkah penting menuju memutus siklus. Sebagian besar kasus obesitas pada anak disebabkan oleh makan terlalu banyak dan terlalu sedikit berolahraga. Anak-anak membutuhkan makanan yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan yang sehat. Tetapi ketika mereka mengambil lebih banyak kalori daripada yang mereka bakar sepanjang hari, hasilnya adalah penambahan berat badan.

Penyebab masalah berat badan pada anak dapat meliputi:

  1. Keluarga yang sibuk memasak di rumah lebih sedikit dan makan lebih banyak.
  2. Akses mudah ke makanan cepat saji dan junk food murah dan berkalori tinggi.
  3. Porsi makanan yang lebih besar, baik di restoran maupun di rumah.
  4. Anak-anak mengonsumsi gula dalam jumlah besar dalam minuman manis dan disembunyikan dalam berbagai makanan.
  5. Anak-anak menghabiskan lebih sedikit waktu untuk bermain di luar secara aktif, dan lebih banyak waktu menonton TV, bermain video game, dan duduk di depan komputer.
  6. Banyak sekolah menghilangkan atau mengurangi program pendidikan jasmani mereka.

Untuk mengatasi masalah berat badan, libatkan seluruh keluarga

Kebiasaan sehat dimulai dari rumah. Cara terbaik untuk melawan atau mencegah masalah obesitas dan berat badan anak-anak adalah membuat seluruh keluarga di jalur yang lebih sehat. Membuat pilihan makanan yang lebih baik dan menjadi lebih aktif akan menguntungkan semua orang, terlepas dari berat badannya.

Anda juga dapat membuat dampak besar pada kesehatan anak-anak Anda dengan melibatkan diri dengan detail kehidupan mereka. Menghabiskan waktu dengan anak-anak Anda — membicarakan hari mereka, bermain, membaca, memasak — dapat memberi mereka dorongan harga diri yang mungkin mereka perlukan untuk membuat perubahan positif.

Memimpin dengan memberi contoh

Jika anak-anak Anda melihat Anda makan sayuran, aktif, dan membatasi waktu TV Anda, ada kemungkinan besar mereka akan melakukan hal yang sama.

Apa yang Anda makan: Beri tahu anak Anda tentang makanan sehat yang Anda makan, saat Anda memakannya. Anda mungkin berkata, “Saya makan brokoli dengan saus bawang putih. Ingin makan? ”

Ketika Anda memasak: Masak secara sehat di depan anak-anak Anda. Lebih baik lagi, beri mereka pekerjaan sesuai usia di dapur. Beri tahu mereka tentang apa yang Anda buat dan mengapa itu baik untuk tubuh Anda.

Cara Anda bergerak: Berolah raga dengan cara tertentu, setiap hari. Jadilah otentik — lakukan hal-hal yang Anda sukai. Beri tahu anak-anak Anda apa yang Anda lakukan, dan undang mereka untuk bergabung dengan Anda.

Waktu luang Anda: Hindari televisi atau terlalu banyak waktu komputer. Anak-anak lebih kecil kemungkinannya untuk mengaktifkan layar jika mereka mati dan Anda melakukan sesuatu yang dapat mereka lakukan.

Sumber :

https://www.wattagnet.com/articles/25912-school-food-focus-focuses-on-quality-protein-in-school-meals
https://www.msdf.org/other-reports/focus-on-the-plate/
https://farm-to-school.worldsecuresystems.com/news-and-articles/tag/this_week/page/21
https://www.chicagoreader.com/Bleader/archives/2011/03/18/reporting-from-familyfarmed-food-in-the-schools

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *