Menggunakan Manajemen Waktu untuk Meningkatkan Keterampilan Belajar

Sebagian besar siswa memulai setiap semester baru di sekolah dengan harapan tinggi. Mereka membayangkan diri mereka berhasil dalam studi dan pekerjaan sekolah mereka namun mereka gagal menyusun rencana yang realistis, atau menetapkan sebuah rutinitas, yang akan memungkinkan mereka mencapai kesuksesan akademis. Hanya ada banyak jam dalam sehari, berhari-hari dalam seminggu, dan minggu dalam satu periode. Dan jika Anda tidak memperhatikan, akhir semester akan tiba sebelum Anda menyadarinya – mengejutkan Anda. Untuk mencapai kesuksesan akademis, Anda harus mengatur waktu belajar secara hati-hati setiap hari, mingguan, dan semester. Berikut ini adalah strategi manajemen waktu untuk melakukan hal itu.

belajar waktu

Langkah 1. Siapkan Kalender Jangka Waktu

Pada awal setiap istilah baru, sebelum Anda sangat terlibat dalam studi atau kegiatan lainnya, persiapkan kalender yang mencakup keseluruhan periode. Kalender istilah Anda bisa terlihat seperti kalender bulanan biasa, atau bisa menggunakan format yang berbeda. Apapun format yang Anda pilih, istilah kalender Anda harus menjelaskan hal-hal berikut:

  • Tugas dengan tanggal jatuh tempo
  • Pengujian dengan tanggal mereka
  • Semua kegiatan sekolah
  • Semua kegiatan di luar sekolah dan ekstra kurikuler

Langkah 2. Siapkan Jadwal Mingguan

Tidak seperti kalender istilah Anda, yang direncanakan secara keseluruhan setiap awal, setiap jadwal mingguan Anda dipersiapkan pada awal setiap minggu baru. Setiap hari Minggu duduk dan mempersiapkan jadwal mingguan Anda. Meskipun Anda akan mempersiapkan jadwal mingguan setiap hari Minggu, Anda harus memperbarui jadwal Anda saat minggu berlangsung dan item baru muncul. Untuk mempersiapkan jadwal mingguan Anda lakukan hal berikut:

  • Tuliskan di kalender Anda setiap kelas yang Anda miliki untuk setiap hari dalam seminggu
  • Lihat kalender istilah Anda dan tuliskan pada item kalender mingguan Anda yang perlu diselesaikan, atau terjadi pada minggu itu (yaitu tugas, ujian, acara, dll.)
  • Kembalilah dan tinjau kembali semua catatan kelas dan jadwal Anda dari minggu sebelumnya untuk melihat apakah ada sesuatu yang perlu Anda tambahkan ke jadwal minggu ini yang terbawa.
  • Tambahkan ke jadwal mingguan Anda kegiatan out-of-school dan ekstra kurikuler yang akan Anda ikuti selama minggu yang akan datang.
  • Catatlah siang dan waktu untuk setiap tugas, sesi belajar, kelompok kerja atau proyek yang akan Anda selesaikan selama seminggu. Ini mungkin terjadi di malam hari, sepulang sekolah, atau di sekolah.

Langkah 3. Siapkan Jadwal Harian

Anda akan berpikir bahwa kalender dan jadwal mingguan akan cukup untuk mengatur waktu Anda secara efektif, tapi ternyata tidak. Anda juga perlu menyiapkan jadwal harian. Setiap malam, siapkan jadwal harian untuk hari sekolah berikutnya. Tempatkan tanda centang di sebelah setiap item yang akan selesai saat selesai. Untuk mempersiapkan jadwal harian Anda lakukan hal berikut:

  • Tuliskan semuanya dari jadwal mingguan Anda yang perlu Anda lakukan untuk hari yang akan datang.
  • Tuliskan semuanya dari jadwal harian Anda sebelumnya yang tidak selesai dan perlu diselesaikan keesokan harinya.
  • Periksa jadwal harian Anda untuk hari ini untuk melihat apakah ada kegiatan sekolah lain yang perlu Anda sertakan untuk hari berikutnya.

Sertakan kegiatan lain dari jadwal mingguan Anda yang perlu disertakan dalam jadwal hari berikutnya

Anda akan melihat bahwa salah satu kunci untuk mengelola waktu belajar Anda secara efektif adalah memulai dengan gambaran besarnya dan kemudian menjelaskannya secara detail. Kalender istilah Anda memberikan arahan dan instruksi untuk menyelesaikan gambaran besar. Jadwal mingguan dan harian Anda memberikan detail yang dibutuhkan untuk menyelesaikan segala hal dalam kalender masa Anda, yang memungkinkan Anda mencapai tujuan jangka Anda satu hari dan minggu dalam satu waktu.

Keterampilan Manajemen Waktu Lainnya

Setelah Anda mengembangkan kalender, jadwal mingguan, dan jadwal harian, ada beberapa strategi lain yang akan membantu Anda mencapai lebih banyak dan memanfaatkan waktu Anda dengan sebaik-baiknya. Ini termasuk:

Prioritaskan tugas Anda Seiring kemajuan Anda melalui pendidikan Anda, Anda akan mendapati topik studi menjadi lebih kompleks, beban kerja lebih menuntut dan bahannya lebih menantang. Pada saat Anda tiba di perguruan tinggi, hanya saja tidak cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikan semuanya. Mulailah kebiasaan memulai belajar dengan subjek, atau tugas yang paling sulit, atau penting terlebih dahulu. Menangani topik yang paling sulit terlebih dahulu, saat Anda masih segar dan bersemangat, akan membuat sisa pelajaran Anda menjadi lebih mudah.

Temukan ruang belajar yang berdedikasi.

Beberapa siswa akan menghabiskan 20 menit pertama waktu belajar mereka hanya mencari tempat untuk belajar. Kunci untuk manajemen waktu yang sedang berjalan adalah menemukan ruang belajar khusus yang bebas dari gangguan di mana Anda dapat berkonsentrasi. Jika Anda ingin mengubah ruang belajar Anda, itu bagus, pastikan untuk menemukan ruang belajar yang sesuai dan bertahan dengannya.

Buat blok waktu belajar.

Anda tidak hanya harus memiliki ruang belajar yang berdedikasi, Anda seharusnya sudah mendedikasikan waktu belajar tentang waktu di mana Anda berfokus pada studi Anda. Blok sekitar 40 sampai 50 menit ideal, tapi mungkin lebih panjang atau lebih pendek berdasarkan subjek dan kemampuan Anda untuk fokus. Tidak apa-apa untuk mengambil istirahat belajar selama blok Anda untuk camilan, atau hanya untuk bangun dan berjalan-jalan, tapi pastikan untuk kembali ke studi Anda.

Jadwalkan kegiatan setelah pekerjaan sekolah Anda.

Salah satu elemen manajemen waktu yang paling sulit, namun penting, adalah menempatkan pekerjaan sekolah Anda terlebih dahulu. Sangat mudah untuk mengatakan bahwa Anda akan menyelesaikan pekerjaan sekolah Anda nanti, atau sebelum Anda tidur. Sama mudahnya mengatakan bahwa Anda akan melakukannya besok saat waktu tidur tiba dan Anda tidak lagi memiliki disposisi atau energi untuk menyelesaikannya. Lengkapi pekerjaan sekolah Anda sesegera mungkin. Menanggalkan kegiatan yang kurang penting sampai setelah menyelesaikan pekerjaan sekolah Anda akan memungkinkan Anda tetap berada di jalur dan fokus pada kegiatan “menyenangkan” Anda tanpa tekanan yang menjulang di sekolah.

Gunakan sumber daya yang bermanfaat.

Pepatah lama, jika pada awalnya Anda tidak berhasil, coba, coba, coba lagi, bila berguna untuk banyak situasi kehidupan, tidak selalu merupakan filosofi terbaik saat Anda kekurangan waktu dan tidak dapat mengetahui kimia Anda. pekerjaan rumah. Seiring kemajuan Anda melalui sekolah menengah, sekolah menengah dan kemudian masuk perguruan tinggi, sebaiknya Anda mengandalkan bantuan, keahlian, dan pengetahuan orang lain untuk membantu proses pembelajaran Anda. Teman cerdas, tutor, kelompok belajar, dan bahkan Internet, adalah sumber yang berguna untuk mengatasi masalah yang kompleks dan memanfaatkan waktu Anda dengan sebaik-baiknya.

Bergabunglah dengan kelompok belajar.

Kelompok studi menawarkan beberapa keuntungan bagi siswa, yang paling sedikit adalah kemampuan untuk meliput lebih banyak materi dengan lebih cepat. Bekerja dalam kelompok belajar memungkinkan penelitian dan belajar tentang berbagai topik dengan cepat. Setiap anggota diberi topik dan kemudian memberikan ringkasan ke grup.

Berolahraga Makan dengan benar.

Banyak tidur. Ya, Anda pernah mendengar ini sebelumnya, tapi mari kita katakan lagi. Lakukan olahraga, makan dengan benar dan banyak tidur. Jika Anda tidak berada di puncak, Anda tidak akan bisa fokus atau berkonsentrasi, Anda juga tidak akan memiliki energi atau stamina untuk menyelesaikan studi Anda secara efisien. Pergi tidur satu jam lebih awal, bisa membuat semua perbedaan keesokan harinya dalam kemampuan Anda memanfaatkan sebaik-baiknya waktu Anda.

Jadilah fleksibel.

Anda tidak bisa merencanakan semuanya. Hambatan yang tak terduga pasti akan muncul, jadi rencanakan dengan tepat dan fleksibel. Ingin segera kembali ke jalur secepat mungkin dan pertahankan jadwal bulanan, mingguan dan harian Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Google+
Twitter
Instagram