Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Anak-Anak

Makanan Sehat Yang Dibutuhkan Anak-Anak

Kesehatan

Sebagai orang tua, kebutuhan nutrisi bayi atau balita Anda jelas merupakan prioritas, dan mudah untuk merasa kewalahan dengan banyaknya informasi yang berbeda di luar sana. Makanan yang dimakan anak-anak di tahun-tahun awal mereka dapat memengaruhi kebiasaan diet mereka di kemudian hari, jadi penting untuk menanamkan kebiasaan baik dan hubungan yang sehat dengan makanan sejak usia dini. Setelah anak Anda makan makanan padat, Anda mungkin menemukan bahwa beberapa makanan yang Anda buat dengan penuh cinta ditolak. Jangan khawatir, ini sangat normal, tetapi bijaksana untuk mencoba melakukan rutinitas yang baik sesegera mungkin.

Pastikan kebutuhan nutrisi anak Anda terpenuhi dengan mengincar tiga kali makan seimbang setiap hari, masing-masing berisi sesuatu makanan dari setiap kelompok makanan hingga dua camilan sehat. Biasakan mencoba berbagai jenis protein dengan setiap kali makan dan beberapa sayuran yang berbeda.

Bayi dan Susu

Dalam enam bulan pertama, bayi menerima semua kebutuhan nutrisi mereka dari diet berbasis susu. Susu formula bayi adalah satu-satunya alternatif untuk menyusui untuk memberi makan bayi di bawah usia enam bulan. Susu sapi tidak direkomendasikan sebagai minuman utama untuk bayi hingga usia 12 bulan. Namun, sejak enam bulan, anak-anak memasuki tahap pemberian makanan transisi, dan berkembang dari diet hanya susu ke makanan yang bervariasi dan seimbang dari makanan pendamping dari empat kelompok makanan utama. Kelompok makanan yang membentuk diet seimbang ini adalah makanan berprotein seperti ikan, daging dan telur, makanan bertepung yang memasok karbohidrat, buah-buahan dan sayuran serta susu dan makanan olahan susu.

Mengapa Protein Itu Penting?

Protein sangat penting untuk sejumlah fungsi penting termasuk pertumbuhan, perkembangan otak dan tulang yang sehat. Dari 20 asam amino – atau bahan penyusun protein, anak-anak perlu mendapatkan 9 ‘asam amino esensial’ dari makanan mereka.

Cara memasukkan protein ke dalam makanan anak Anda

Protein hewani seperti daging tanpa lemak, ikan, telur, susu, yogurt dan keju mengandung semua 9 asam amino esensial dan dianggap paling penting untuk pertumbuhan. Protein nabati seperti kacang-kacangan dan kacang-kacangan adalah protein yang tidak lengkap dan perlu dikombinasikan untuk mencapai spektrum penuh asam amino. Bertujuan untuk memasukkan ikan dua kali seminggu, dengan satu variasi yang berminyak seperti salmon, trout atau mackerel. Segar, beku atau kalengan baik-baik saja tetapi ingat produk yang diasap dan kalengan cenderung lebih tinggi garamnya.

Makanan bertepung memasok karbohidrat

Anak-anak membutuhkan sumber karbohidrat dalam setiap makan. Namun, anak-anak di bawah 13 bulan mungkin kesulitan mencerna varietas gandum, dan terlalu banyak serat dapat mengisinya terlalu cepat dan mengurangi selera makan serta menyerap mineral penting seperti kalsium dan besi.

Cara memasukkan karbohidrat ke dalam makanan anak Anda

Lebih dari 13 bulan anak-anak biasanya dapat memasukkan roti gandum, muesli, dan pasta. Beberapa anak mengelola ini lebih baik daripada yang lain, jadi itu hanya masalah melihat bagaimana anak Anda merespons. Kacang dan biji-bijian utuh adalah sumber serat yang baik serta lemak sehat yang penting, namun, mereka harus dihindari sampai anak Anda berusia 5 tahun atau lebih karena risiko tersedak.

Bertujuan untuk lima porsi buah dan sayuran adalah titik awal yang baik untuk anak-anak. Ukuran poriton tergantung pada usia, ukuran dan aktivitas fisik – sehingga tidak ada aturan yang ditetapkan. Panduan yang mudah adalah bahwa porsi buah atau sayuran adalah jumlah yang pas di telapak tangan anak Anda. Kiat mudah untuk tetap di jalur bisa sesederhana menyimpan sekantung sayuran beku di dalam freezer atau memotong-motong sepotong buah segar untuk pencuci mulut.

Anak-anak mendapatkan banyak makanan bergizi dari makanan susu seperti susu, yogurt, dan keju. Makanan-makanan ini dapat menyediakan tubuh dengan kalsium yang mudah diserap serta vitamin A dan B12, protein dan vitamin dan mineral lainnya.

Cara memasukkan susu dan kalium ke dalam makanan anak Anda

Pilih susu penuh lemak untuk anak di bawah dua karena susu penting untuk pertumbuhan dan penyerapan vitamin esensial dan mereka mungkin tidak mendapatkan kalori atau vitamin esensial yang mereka butuhkan dari susu rendah lemak. Dari dua tahun Anda dapat beralih dari susu full-fat ke semi-skim, asalkan anak Anda mengonsumsi berbagai macam makanan dan mendapatkan berat badan secara normal. Versi rendah lemak dari susu dan makanan olahan susu mengandung kalsium sama banyaknya dengan rekan-rekan mereka yang lebih tinggi lemaknya. Kalsium adalah nutrisi penting bagi semua anak untuk mengembangkan tulang dan gigi yang kuat. Yogurt olahan sering dikemas dengan gula, pewarna dan pemanis – jadi jauhkan dari yang beraroma. Sebagai gantinya, pilihlah yogurt alami dan tambahkan perasa alami Anda sendiri seperti kolak buah, buah rebus atau buah segar, seperti pir parut.

Ingat, bayi di bawah setahun tidak boleh diberi susu kental, susu evaporasi, susu kering atau minuman lain yang disebut susu, seperti beras, oat atau minuman almond. Susu formula bayi adalah satu-satunya alternatif yang cocok untuk ASI selama 12 bulan pertama kehidupan bayi.

Referensi :

https://www.slowfoodusa.org/blog-post/school-meal-providers-convening-to-focus-on-school-lunch

https://www.foodpolitics.com/2011/04/how-to-get-involved-school-food-2/

https://edibleschoolyard.org/procurement/2013/08/07/school-food-focus

http://www.farmtoschool.org/resources-main/school-food-focus

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *