4 Pantai & Tempat Untuk Snorkeling Terbaik di Batam yang Wajib Dikunjungi

Sementara kebanyakan orang tahu Batam sebagai bekas bom industri di tahun 1990an, sedikit yang menyadari bahwa ada harta karun tersembunyi yang bisa ditemukan di 356 pulau selatan Batam, yang sebagian besar tidak berpenghuni. Tak tersentuh, belum terjamah dan sebagian besar masih dalam kondisi bersih, terumbu karang di dekat pulau-pulau ini membuat lokasi snorkeling dan menyelam yang ideal.
Semua tempat snorkelling yang tercantum dalam artikel ini memiliki karakteristik air yang sama – air jernih dan visibilitas yang baik pada kedalaman satu sampai lima meter seperti salah satunya yang populer yaitu Pulau Abang Batam. Beberapa tempat scuba diving bahkan lebih dalam lagi, dengan visibilitas yang jelas pada jarak antara 10 sampai 35 meter.

Bagaimana cara agar saya sampai di sana?

Tempat snorkeling ini terletak antara 40 km sampai 65 km dari pusat kota Batam. Diperingatkan! Tidak ada angkutan umum ke tempat-tempat ini sehingga satu-satunya cara untuk sampai ke sana adalah melalui penyelenggara perjalanan tepercaya.
Diperlukan waktu sekitar 90 menit untuk melakukan perjalanan dari kota ke dermaga paling selatan dengan jip atau bus via jembatan Barelang. Kemudian akan memakan waktu 10 menit sampai satu jam lagi untuk sampai ke pulau itu dengan kapal cepat.

Apa paket perjalanannya?

Biasanya, dan kecuali ditentukan lain, setiap paket perjalanan pulau termasuk peralatan snorkeling dan menyelam, transfer darat dan naik perahu ke pulau-pulau. Tersedia akomodasi, makanan, dan fotografi bawah laut. Para pemula snorkling tidak perlu khawatir, setiap perjalanan juga dilengkapi dengan pemandu wisata yang akan menemani Anda di air.

Kapan waktu terbaik untuk menikmati kejelasan dan cuaca baik?

Menurut pemandu setempat, waktu terbaik untuk snorkeling dan menyelam adalah periode antara bulan Maret – Mei, dan antara bulan September – November. Selama bulan-bulan ini, air laut paling jernih, dan cuacanya bagus dengan air hangat, air surut dan ombak yang tenang.

Di antara periode tersebut adalah musim hujan. Desember sampai Februari adalah saat Monster Asia Timur akan datang, dan dari bulan Juni sampai Agustus adalah Monsoon Australia. Artinya, ombak dan pasang surut lebih tinggi pada musim-musim tersebut dibandingkan bulan-bulan lainnya. Hal ini akan berpengaruh juga pada kejernihan dan visibilitas air. Tentunya, ini bukan waktu terbaik untuk melakukan snorkeling.

Rekomendasi kami

pulau snorkeling batam

Pulau Abang

Mungkin yang paling mapan dari tempat snorkeling, “Pulau Abang” terdiri dari Pulau Abang Besar dan sekitarnya yang lebih kecil – Pulau Hantu, Pulau Dedap dan Pulau Rano. Sementara Pulau Hantu lebih dikenal dengan beragam jenis karang berwarna-warni, teripang dan kerang, Pulau Dedap – situs terapung terjauh di cluster – terkenal dengan pantainya. Diberkati dengan lereng yang lembut, pasir putih yang lembut dan air laut jernih, Pulau Dedap sangat ideal untuk berenang lembut jika Anda terlalu lelah untuk snorkeling. Sebagian besar penyelenggara perjalanan berhenti di Pulau Rano untuk makan siang sebelum kembali ke pelabuhan Galang Baru.

Waktu tempuh dari Singapura ke tujuan: Kira-kira 4 jam
Akomodasi: Tidak ada akomodasi di Pulau Abang. Namun, Max’s Dive Center menawarkan opsi live-on-board (LOB) di feri mereka, Norma KM. Feri dapat menampung maksimal 13 orang per perjalanan dan dilengkapi dengan kamar ber-AC.

Pulau Petong

Terletak di sisi barat Pulau Abang, Pulau Petong dikelilingi oleh tempat-tempat yang bagus untuk snorkeling dan menyelam. Terumbu karang murni, spons tabung kuning, ikan pari yang terlihat dan ikan badut (dikenal secara lokal sebagai “nemofish”) tempat suci dapat diakses dengan mudah oleh kapal cepat yang dioperasikan oleh penyelenggara perjalanan. Sebagai tambahan ditambah untuk orang malas, chalets untuk menginap di atas terumbu karang dangkal di Kepulauan Twin terdekat. Waspadalah terhadap Buloh Babi yang mengintai (landak laut)!

Kegiatan lain yang disediakan oleh penyelenggara perjalanan termasuk menyelam (kelompok maksimal 5), kano, dan memancing keliling Pulau Kembar.

Waktu tempuh dari Singapura ke tujuan: Kira-kira 4 jam
Akomodasi: 8 kamar pribadi yang nyaman dibangun di atas sebuah kelong di antara Kepulauan Kembar terdekat. Ruang komunal yang sangat sederhana tersedia di pulau Petong, di dalam desa Petong untuk kelompok yang lebih besar. Catatan: ini adalah kamar bergaya Bintan-kelong dengan ranjang bunker.

Pulau Labun

Pulau Labun terletak di dekat Pulau Galang Baru dan perjalanan ke pulau ini dikelola oleh Pulau Labun Kelong. Kelong kedekatannya dengan pelabuhan Galang Baru menjadikannya tujuan snorkeling yang ideal bagi mereka yang mudah mabuk laut; Naik perahu dari pelabuhan ke kelong kurang dari 10 menit. Selain terumbu karang, pengunjung sebelumnya telah melaporkan menemukan ikan kakaktua, ikan kerapu bayi dan angelfish yang berenang mengelilingi kelong – bagus untuk pemancing! Scuba diving, kayak dan trekking di pulau ini juga kegiatan lain yang bisa dinikmati dalam perjalanan.
Waktu tempuh dari Singapura ke tujuan: Kira-kira 2 jam
Akomodasi: 10 kamar tersedia di kelong; Setiap kamar bisa menampung hingga 4 orang. AC di kamar tersedia dari 5 pm – 8 am setiap hari. Sementara kondisi kamarnya tidak bagus, para operator Kelong mengatakan bahwa mereka berada di tengah perbaikan kamar.

Pantai Mirota

Tidak ada perjalanan feri yang diperlukan untuk sampai ke Pantai Mirota, sebuah pantai kecil yang tenang di bagian kelima jembatan Barelang. Sebuah rahasia yang terawat baik di antara para penggemar pantai Batam, pengunjung dapat memilih untuk berkendara langsung ke pantai, atau mengadakan penyelenggara perjalanan.

Salah satu penyelenggara tersebut adalah Morelo Kelong Resort, kelong milik keluarga setempat yang melakukan perombakan kelong dua tahun lalu. Kelong dibangun di teluk yang dilindungi oleh tiga pulau di dekatnya, menjadikannya tempat berenang yang ideal.

Selain peralatan memancing dan snorkelling, kelong juga menyediakan sepeda jika pengunjung memilih untuk menjelajahi jalur hutan di dekatnya. Catatan: sepeda yang disediakan sangat mendasar. Disarankan agar pengunjung membawa sepeda gunung mereka sendiri ke kelong untuk kenyamanan maksimal.
Waktu tempuh dari Singapura ke tujuan: Kira-kira 2 jam

Akomodasi: Ada 6 kamar dengan tempat tidur double di kelong; Setiap kamar menampung maksimal 6 orang.

Tips untuk perjalanan

Tip 1: Air tawar harus dibawa ke kelong dan pulau dari daratan. Gunakan air tawar secukupnya!

Tip 2: Terumbu karang tidak akan bertahan lama tanpa perilaku turis yang bertanggung jawab. Ingatlah untuk mengantongi sampah Anda dan membawanya bersama Anda kembali ke daratan. Juga hentikan kerusakan karang saat snorkeling!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS
Facebook
Google+
Twitter
Instagram